Pengertian Paragraf Narasi

Pengertian Paragraf Narasi

Materi Pelajaran Paragraf Narasi

Pernah dengan kata narasi? Ya, mungkin teman-teman pernah tau, tapi masih belum paham betul apa itu Paragraf Narasi, Paragraf narasi ini sangat berkaitan dengan pembahasan yang dulu pernah saya bahas, yaitu tentang Pengertian Cerpen. Oke, untuk lebih jelasnya yuk kita bahas materi Paragraf Narasi.

Pengertian Paragraf Narasi

Paragraf Narasi adalah sebuah tulisan atau karangan yang menceritakan sebuah kejadian atau peristiwa berdasarkan urutan waktu yang diceritakan berstruktur dari awal, tengah dan akhir cerita.

Penerapan paragraf narasi ini ada dimana sih? Yap, biasanya ada pada karya sastra novel, cerpen, biografi, dan lain-lain.

Ciri-ciri Paragraf Narasi

Ternyata, paragraf narasi mempunyai ciri-ciri yang telah diungkapkan oleh para ahli, sebagai berikut.

Menurut Gorys Keraf (2000:136)

  • Menonjolkan unsur perbuatan atau tindakan.
  • Dirangkai dalam urutan waktu.
  • Berusaha menjawab pertanyaan “apa yang terjadi?”
  • Ada konfliks.

Ciri-ciri narasi lebih lengkap lagi diungkapkan oleh Atar Semi (2003: 31) sebagai berikut:

  • Berupa cerita tentang peristiwa atau pengalaman penulis.
  • Kejadian atau peristiwa yang disampaikan berupa peristiwa yang benar-benar terjadi, dapat berupa semata mata imajinasi atau gabungan keduanya.
  • Berdasarkan konfiks, karena tanpa konfiks biasanya narasi tidak menarik.
  • Memiliki nilai estetika.
  • Menekankan susunan secara kronologis.

Tujuan Paragraf Narasi

Tujuan menulis karangan narasi secara fundamental yaitu:

  • Hendak memberikan informasi atau wawasan dan memperluas pengetahuan
  • Memberikan pengalaman estetis kepada pembaca

Secara fundamental maksudnya adalah Tujuan paling mendasar.

Jenis-jenis Paragraf Narasi

  1. Narasi informatif adalah narasi yang memiliki sasaran penyampaian informasi secara tepat tentang suatu peristiwa dengan tujuan memperluas pengetahuan orang tentang kisah seseorang.
  2. Narasi ekspositorik adalah narasi yang memiliki sasaran penyampaian informasi secara tepat tentang suatu peristiwa dengan tujuan memperluas pengetahuan orang tentang kisah seseorang. Dalam narasi ekspositorik, penulis menceritakan suatu peristiwa berdasarkan data yang sebenarnya. Pelaku yang ditonjolkan biasanya, satu orang. Pelaku diceritakan mulai dari kecil sampai saat ini atau sampai terakhir dalam kehidupannya. Karangan narasi ini diwarnai oleh eksposisi, maka ketentuan eksposisi juga berlaku pada penulisan narasi ekspositorik. Ketentuan ini berkaitan dengan penggunaan bahasa yang logis, berdasarkan fakta yang ada, tidak memasukan unsursugestif atau bersifat objektif.
  3. Narasi artistik adalah narasi yang berusaha untuk memberikan suatu maksud tertentu, menyampaikan suatu amanat terselubung kepada para pembaca atau pendengar sehingga tampak seolah-olah melihat. Ketentuan ini berkaitan dengan penggunaan bahasa yang logis, berdasarkan fakta yang ada, tidak memasukan unsur sugestif atau bersifat objektif.
  4. Narasi sugestif adalah narasi yang berusaha untuk memberikan suatu maksud tertentu, menyampaikan suatu amanat terselubung kepada para pembaca atau pendengar sehingga tampak seolah-olah melihat.

Oke, demikianlah pembahasan kita tentang Paragraf Narasi, mulai dari pengertian, ciri-ciri, tujuan, dan jenis-jenis paragraf narasi.

Semoga artikel Pengertian Paragraf Narasi ini mudah dipahami, dan terimakasih.

Referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Narasi

Kamu bisa Download Materi Ini Gratis :

10 SMA Cerpen Ciri Paragraf

author
Seorang Pengajar Online dan Membagikan Materi Pelajaran Bahasa Indonesia di situs materibahasa.com

Posting Terkait